PROPOSAL USAHA
Keripik Ua Aciih
di ajukan untuk memenuhi salah satu
tugas mata pelajaran kewirausahaan
Di susun oleh:
1. Rifki Kurniawan
2. Rika A Tia M
3. Rizqy M Choetrul Umam
4. Sri Mulyati
5. Suryaddin Fadhil
6. Tintin Suhartini
7. Uyun Nurjaman
8. Wiwi Adawiyah
9. Yulia Rahman
UPTD SMK NEGERI I MAJA
- MAJALENGKA
2011/2012
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan
rahmat, tauiik, serta hidayahNya. Proposal Rencana Usaha Kerja Pembuatan Keripik
Ua Aciih telah selesai
dikerjakan.
Adapun
maksud dan tujuan pembuatan proposal ini adalah untuk memenuhi tugas dari
mata pelajaran Kewirausahaan dan sebagai sarana pengaplikasian ilmu yang
telah kami dapat dari mata kuliah Kewirausahaan.
Penyusunan
proposal ini tidak lepas dari bantuan, pengarahan, bimbingan
dan dorongan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada :
Bapak Dede Sukmana,
selaku guru mata pelajaran Kewirausahaan.
Dalam
penyusunan proposal ini kami telah berusaha semaksimal mungkin, namun
apabila terdapat kekurangan kami selaku penyusun mengharapkan kritik dan saran
yang bersifat membangun untuk perbaikan di masa yang
akan datang.
akhirnya penyusun
berharap semoga proposal
ini bermanfaat khususnya bagi kami sebagai
penulis dan umumnya bagi pembaca.
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Identitas
Perusahaan
Nama
jenis usaha : Produksi Cemilan
Keripik Ua Aciih
Alamat : Jl. Sukamurni
km 1 Maja Selatan
Nama
Pemilik : Ibu Aciih Munasih
Bentuk
usaha : Perorangan
B.
Visi
dan Misi
Visi Perusahaan
a.
Terbaik dalam pelayanan pemesanan produk.
b.
Terkenal dengan kualitas produk yang
berbeda dengan berbagai rasa.
c.
Terkemuka dan nomor satu di kabupaten
Majalengka
Misi Perusahaan
a.
Mewujudkan pelayanan pemesanan yang cepat
tanggap.
b.
Mewujudkan keahlian dalam pembuatan
Kripik Singkong yang berkualitas.
c.
Mewujudkan daya tarik seluruh masyarakat
untuk produk makanan ini.
C.
Aktivitas
Usaha
Memproduksi
makanan (kripik singkong) bermacam rasa.
Melayani
pemesanan konsumen dengan cepat.
Penjualan
produk ke berbagai tempat.
BAB II
DESKRIPSI USAHA
A. Latar Belakang
Pada saat
ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan
efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka
lebih memilih untuk memesan makanan daripada membuatnya sendiri dengan alasan
pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Dari pemikiran
inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis “Keripik Ua Aciih” Nama Ua Aciih
kami ambil dari kebunn singkongnya Ua Ucih sebagai pemilik kebun tersebut.
Dalam
memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui
adalah peluang pasar dan bagaimanan menggaet order.. Bagaimana peluang pasar
yang hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order
tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan
kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan
mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah persiapkan
mental dan keberanian memulai. Singkirkan hambatan psikologis rasa malu, takut
gagal dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan. Jangan lupa harus siap
menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi. Semakin besar
untungnya maka resikonya pun semakin besar. Yang terpenting adalah berani
mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal daripada gagal mencoba.
Sebenarnya banyak peluang usaha yang
bisa kami kembangkan, namun kebanyakan usaha tersebut memerlukan modal yang tidak
sedikit, hal seperti ini menjadi kendala untuk kami sebagai kelompok yang ingin
belajar usaha.
B. Tujuan Pendirian Perusahaan
a.
Untuk melayani masyarakat dalam hal kebutuhan
makanan ringan pada saat santai, picnik, acara keluarga,dan lain-lain.
b.
Membuka lapangan pekerjaan.
c.
Mengembangkan kerja sama dengan mitra
bisnis.
BAB III
ASPEK PEMASARAN
A. Target pasar atau Konsumen
Yang merupakan kunci penting untuk
diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha ini bekerja berdasarkan pesanan.
Kegiatan produksi dimulai apabila telah pesanan telah diterima. Maka, tanpa
pesanan, kegiatan produksi kami ini tidak bekerja. Yang bekerja sepanjang tahun
atau selama bisnis itu hidup adalah pemasaran, keuangan dan administrasi.
Target pasar adalah seluruh kalangan
masyarakat yang ingin berefisien waktu dan tenaga. Pesaing kita dari perusahaan
kripik lainnya
B. Konsep pemasaran
Pemasaran kami terdiri
dari 4 elemen (Price+Place+Promotion). untuk produk, kami
mesti mensurvai para pesaing-pesaing kami. Misalnya saja, menentukan
apa, 1 jenis terpopuler untuk kripik di
tempat lain. Nah, khusus, ke 1 menu itu, Anda mutlak menguasainya. Langkah
berikutnya, bertanya kepada diri kita sendiri untuk maju selangkah lebih maju.
Misalnya, dengan melakukan inovasi. Mampukah kita menciptakan hal-hal yang baru
dengan 1 menu populer itu. Contoh, bagaimana caranya membuat kripik yang unik dan beda dan terlihat lebih menarik
serta kalau bisa dengan paket murah.
BAB IV
ASPEK MANAJEMEN
Dalam pendirian usaha ini tentunya membutuhkan pengelolaan
barang, keuangan dan tenaga pekerja yang
baik agar hasil yang diharapkan dapat tercapai. Sebelum melakukan pengelolaan
usaha, perlu disampaikan bentuk kepemilikan usaha Kripik Singkong Ua Aciih
adalah perorangan (Kerabat) Sehingga yang terlibat dalam pengolahan usaha ini
adalah Kerabat, dalam hal ini kawan seperjuangan.
Mengenai
kebutuhan tenaga kerja adalah 9 orang dengan jam kerja dari mulai jam 09.00 s.d
jam 16.00 dimana Bisnis
ini dimiliki bersama dengan system bagi modal.
Bisnis ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang
mempunyai tugas masing-masing, misalkan dari 9 orang tersebut
1 orang sebagai pengawas
5 orang bertugas mencari dan
mengolah bahan
3 orang
bertugas mengantar pesanan dan melakukan perekrutan tenaga kerja apabila
membutuhkan.
Dalam mempertimbangkan bentuk
kepemilikan usaha yaitu peroangan (kerabat), maka bentuk organisasi manajeman
atau pembagian tugas usaha sebagai berikut:
Tim manajemen dalam hal ini adalah
sebagai berikut :
Manajer umum ` :
Suryaddin Fadhil
Manajer administrasi dan keuangan : Rikka Ade Tia Maelani
Manajer gudang dan barang : Sri Mulyati
Karyawan :
v Rifki Kurniawan
v Rizqy M Choerul Umam
v Tintin Suhartini
v Uyun Nurjaman
v Yulia Rachman
BAB V
ASPEK PENGOLAHAN
A.
Proses Pembuatan
Tidak lah sulit bagi kami untuk membuat kripik singkong
karena bahan yang kami
butuhkan mutlak ada dimana-mana.
Untuk bahan-bahanya/hari
1. 3kg Singkong
2. 1 ½ Kg Minyak Goreng
3. 2kg Aida
4. Garam+Penyedap rasa
5. Bawang Putih
6. Plastik ¼
B.
Cara pembuatannya
1. Singkong yang sudah dikupas di cuci
kemudian di iris tiois-tipis
2. Rendam singkong dan penyedap rasa di
tambah bawang merah da putih yang suda di tumbuk terlebih dahulu
3. Panaskan minyak goreng padawajan
setelah panas masukan singkong tinggu hingga matang angkat lalu tiriskan taburi
dengan penyedap rasa
4. Singkong siap dikemas
BAB VI
ASPEK KEUANGAN
A.
Modal Usaha
Pada aspek keuangan ini, bisnis kami mendapat modal dengan bagi modal
yang terdiri dari 9 orang. Per orangnya mengeluarkan modal Rp 16.000. Jadi
Modal awal kita sebesar Rp.144.000.
No
|
Bahan
|
Satuan
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
1
|
Singkong
|
15
|
1000
|
15000
|
2
|
Minyak
|
3kg
|
11000
|
33000
|
3
|
Aida
|
10 Bungkus
|
2500
|
25000
|
4
|
Garam
|
1kg
|
|
5000
|
5
|
Bawang merah
|
1kg
|
5000
|
5000
|
6
|
Bawang putih
|
1kg
|
6000
|
6000
|
7
|
Plastik ¼
|
1pck
|
6000
|
6000
|
|
Jumlah
|
120.000
|
Dengan modal Rp. 144.000,
dan sisa dari modal Rp. 22.000, yang dimasukan ke keuangan, kami bisa
menghasilkan 650 bungkus dan kami jual/bungkusnya @ Rp. 1000
Berikut ini kami tampilkan Proyeksi
Keuangan 1 bulan
Minimal mendapat 4 kali pesanan
2 x Partai Besar Minimal 200 bungkus
Minimal mendapat 4 kali pesanan
2 x Partai Besar Minimal 200 bungkus
@ Rp 200.000 = Rp. 400.000 x 2 = Rp. 800.000
2 x Partai Kecil Minimal 150 bungkus
@ Rp 150.000 = Rp. 300.000 x 2 = Rp. 600.000
Perkiraan Pendapatan minimal 1 bulan Rp 1.400.000
Jurnal laporan laba lugi/bulan
Perkiraan Pendapatan minimal 1 bulan Rp 1.400.000
Jurnal laporan laba lugi/bulan
1.
Biaya
Tenaga Kerja (6 orang @ Rp 5000 x 4
Pesanan)
Biaya Tenaga Kerja Rp. 240.000
2. Biaya Bahan Baku (@ Rp 120.000,00).
Rp 120.000 x 4x Pesanan = Rp 480.000
Biaya Bahan Baku Rp 480.000
Pendapatan – biaya tenaga kerja –
bahan baku = laba
1.400.000-240.000-480.000 = 680.000
Jadi laba yang diperoleh adalah sebesar Rp. 680.000,00
B.
Aspek usaha dimasa yang akan datang
Melihat kondisi pasar dan perajin
saat ini yang setiap waktu terjadi perubahan dari peminat khususnya pada produk
kami. Kami bertekad untuk tetap memasarkan produk yang kamihasilkan. Untuk itu
kami memasarkan produk yang kami hasilkan untuk itu kami utamakan di wilayah
majalengka, sekolah dan took-toko
lain.
Tidak hanya itu perusahaan kami juga tidak
lepas dari pemasaran lewat internet misalkan di tokobagus.com, situs jejaring
social atau situs-situs yang banyak di
akses oleh kalangan masyarakat.
C.
Penutup
Usaha kecil menengah Kaleng Rombeng merupakan usaha
rumahan dengan modal pribadi dengan proses pengerjaannya dilakukan sederhana dengan bermodalakan keterampilan.
Sehubungan dengan keterbatasan modal
yang yang dimiliki perusahaan maka diharapakan ada bantuan modal dari pihak
lain sehingga usaha kami bisa berkembang menjadi perusahaan yang besar
yangdapat membantu mengurangi tingkat penggangguran di wilayah mjalengka
terutama. Sehingga majalengka menjadi kabupaten yang mandiri.
Majalenka, Desember
2011
Penusun
makasih kakak
BalasHapus